krudekrucil

Catatan kecil tentang buku, anak-anak, dan lingkungan.

Behind the scene penulisan buku 64 Sahabat Teladan Utama

Tinggalkan komentar

Behind the scene-nya buku 64 kisah sahabat teladan Utama

IMG-20171011-WA0030 (1)

Mau cerita tentang proses pembuatan buku kisah 64 Sahabat teladan Utama. Siap-siap, agak panjang ini tulisan.

Kami yang tergabung dalam komunitas penulis bacaan anak, ditawari projects pembuatan paket buku trilogi Kisah teladan Utama:

  1. Rasulullah Teladan Utama
  2. Kisah 24 Nabi dan Rasul
  3. Kisah 64 Sahabat teladan Utama

Saya masuk dalam salah satu projects. Yaitu, Kisah 64 Sahabat teladan Utama. Projects ini dimulai sejak Desember 2014. Penulis Senior yang juga koordinator share info projects tersebut.  Kemudian kami diminta mengirimkan satu tulisan.

Misalnya:

  • Si A mengirim tulisan tentang kisah Abu Bakar ash Shiddiq.
  • Si B, kisah Ali bin Abi Thalib.

Dari sana, jika tulisan kita layak maka akan masuk tahap selanjutnya.

Menulis outline, semacam kerangka kisah (tergantung judul yang kita kita pilih). Dari outline, team pentashihan langsung sigap. Nggak main-main. Mulai outline sudah di cek and ricek kebenaran kisah dan referensi. Karena mereka nggak mau, saat naskah sudah jadi, kudu rombak total karena sumber yang tak jelas.

Outline berisi kerangka tulisan kita dari awal-akhir. Kisah Nabi, dari lahir sampai wafatnya. Kisah sahabat pun, demikian.

Proses Selesai? BELUM.

Kami diminta menulis dalam waktu singkat. Untuk 23-24 judul Kisah, per buku. Tiap hari/pekan ada review.

Ini pesan pentashih:

  1. Untuk referensi sirah Nabi, selain tafsir quran, juga dianjurkan Tafsir Ibnu Katsir, dan Bidayah Wanni hayah (bisa didonlod)
  2. Untuk penulisan naskah, saat dialog sebisa mungkin dialognya berdasar, jangan sampai keluar terlalu jauh dari hadis ya … inga-inga, dialog sangat penting untuk mencairkan suasana dan memudahkan anak-anak memahami kisah, jadi perannya sangat penting, tetapi tetap hati-hati.

Jadi kebayang kan, gimana hati-hatinya -hatinya para kontributor untuk menulis kisah sahabat ini. Nggak boleh sembarangan. Nggak boleh melenceng dari siroh aslinya. Dialog aja ada aturannya.

Apa saja yang harus para kontributor tulis?

  • Naskah (50 halaman)
  • Box Pengetahuan (isinya adalah hikmah dari kisah yang bisa direfleksikan oleh anak-anak [bisa dari hadis, ayat, atau hikmah]). Tidak perlu panjang, cukup 1 paragraf (2-5 baris). Kamus tidak perlu ditulis karena sudah ada team sendiri.

Projects ini disetorkan naskahnya ke penerbit Februari 2015. Proses layout​, edit, revisi, dan lainnya sampai buku jadi, memakan waktu cukup lama. Desember kemarin, genap 3 tahun.

Masya Allah yaa.. perjuangan panjang nih, nulis Kisah 64 Sahabat teladan Utama. Dari awal sampai dengan jadi buku.

Banyak hal yang menjadi alasan, mengapa HARUS semangat nawarin buku ini ke orang banyak? Mengajak banyak orang ikutan baca buku ini.

Karena..

  • Banyak banget, pengalaman saya yang orangtua, guru, bahkan anak-anak remaja. Nggak kenal siapa Rasulullah, siapa keluarganya, siapa sahabat nya. Apalagi kisah perjuangan Rasulullah dalam berdakwah. Dalam mensyiarkan Islam. Beneran.
  • Bahkan selevel, guru TPQ/TPA/sekolah Islam. Saat saya iseng-iseng tanya, kenalkah dengan sahabat Nabi yang dijamin masuk surga? Mereka hanya kenal 4 Sahabat, tapi sekedar nama. Tanpa tahu Kisah lengkapnya.

Miris banget kan?

  • Pernah Juga saya sharing ke remaja. Minta mereka tulis *siapakah tokoh idolamu?* Mau tau mereka isi apa? Pengen nangis. Masa iya, idolanya artis Korea, artis bule yang mengumbar aurat. Yang jelas-jelas hidupnya nggak cocok jadi teladan.
  • Belum lagi kalau ngobrol ke anak-anak. Pas ditanya tokoh idolanya. Ada yang jawab Iron Man, Superman, Batman, Spiderman, para pahlawan fiktif gitu. Khususnya boys.
  • Nah kalau girls nya, nggak jauh-jauh dari Elsa frozen, dan sederet tokoh putri hayalan dalam dongeng.

Banyak deh, pengalaman yang bikin sesak. Mereka jauh dari siroh. Mereka belum kenal Rasulullah..

Tugas kita nih. Mengenalkan siroh. Sampaikan kisah para Nabi dan Rasul. Kisah Rasulullah dan para sahabat, yang patut diteladani. Mulai dari rumah. Merembet ke sekolah, lingkungan main anak-anak. Jangkau semua dalam balutan Kisah teladan. Jangan sampai anak-anak, keluarga kita kehilangan sosok teladan yang asli bukan rekaan.

IMG-20171011-WA0033

Istimewanya kisah 64 Sahabat teladan Utama ini:

  1. Buku bersumber pada referensi yang sangat hati-hati. Jadi insya Allah, tidak melenceng dari siroh.
  2. Kisah sahabat tidak hanya ditulis kan yang sudah dikenal masyarakat luas. Tapi banyak kisah yang baru kita tahu, saat baca buku ini. Karena lagi-lagi referensi, para kontributor segambreng. Buanyak. Nulis kisah dua nama saja, bisa setumpuk buku referensi.
  3. Buku ini ditulis dengan bahasa yang lebih mudah dipahami anak-anak. Karena memang tujuannya untuk anak-anak. Kalau buku buat yang dewasa banyaak. Silakan pilih aja.
  4. Buku ini nggak cuma buku cerita biasa. Karena ada jilid komiknya juga. Yang insya Allah, anak-anak pasti suka.
  5. Bonusnya; puzle balok Kayu, poster peta sejarah kejayaan Islam, poster penemu Muslim

Ini pancingan KEREN buat anak-anak makin kepo sama bukunya. Berawal dari poster, puzle.. kita bisa lihat anak-anak enjoy baca bukunya.

Iklan

Penulis: dewiliez

ibu dua anak yang hobi baca buku dan nulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s