krudekrucil

Catatan kecil tentang buku, anak-anak, dan lingkungan.

Catatan Hati Penulis Pemula

Tinggalkan komentar

Hobby menulis berawal dari catatan harian sejak SD, berlanjut hingga masa kuliah, sempat vakum saat menikah. Lain halnya dengan hobby membaca yang tak kenal surut. Buku apapun dilahap, kecuali yang berbahasa bulan (in English). Satu saat saya membeli buku Catatan Hati di setiap Sujudku by Asmanadia, lanjut mencoba mengikuti sebuah milis pembacaasmanadia. Sebuah komunitas pecinta buku, yang juga merupakan tempat sharing seputar kepenulisan (ini ejaannya bener ga). Setiap pekan ada satu hari ditetapkan moment sharing via conference dengan mba Asma, setiap Selasa khusus postingan dalam bahasa inggris, Jum’at posting cerita pendek plus boleh dagang or promosi. Hari lain biasanya banyak cerpen, puisi, atau sekedar sharing yang diposting para penghuni milis. Betah di sana.

Workshop menulis Nasional digelar, saya dengan semangat ikut sebagai peserta. Pembicaranya mba Asmanadia, mba Helvy Tiana Rosa, dan mas Golagong. Bertemu secara langsung dengan para penulis senior, mendengar sharing dari mereka. Tak hanya itu, ternyata yang hadir sebagian besar juga sudah berkiprah dalam dunia menulis. Makin seru deh, sharing dengan peserta.

Point penting yang harus saya ingat adalah, hal yang harus dilakukan oleh seorang yang ingin jadi penulis tak lain hanya, menulis, menulis dan menulis. Menulis apapun yang kita suka, yang kita bisa, mulai saat ini. Tanpa pedulikan aturan yang kaku. Toh nantinya akan ada proses perbaikan. Ada satu quote yang saya ingat, menulislah maka kau akan abadi, Subhanallah… makin terlecut semangat saya untuk menulis.

Akhirnya, disinilah saya terdampar. Melalui informasi via FB, saya rajin mengikuti lomba menulis, walau belum juga berani mengirimkan satu naskah ke media besar. Lebih sering kalah dibanding lolos seleksi, tapi tak menyurutkan langkah. Beberapa naskah yang lolos seleksi pun beberapa belum pasti nasibnya. Tetap berusaha memperbaiki tulisan saya hari demi hari. Semoga kelak ada penerbit yang bersedia melirik tulisan si pemula ini.

Berikut ini adalah hasil mengikuti beberapa lomba/undangan menulis antologi:

1. Kehamilan Bermasalah (pertama kali ikut project antologi)
2. Sakit Hati
3. Mencari Jodoh
4. Crazy Moment
5. Balita Punya adik
6. Kehamilan yang menakjubkan
7. La Tahzan Lovely Lebaran
8. Aku dan mertuaku
9. Scary Moment
10. Ketika buah hati sakit
11. The Amazing Hidayah
12. Pengalaman dengan dokter
13. Indahnya memaafkan
14. Menanti Buah hati
15. Amazing Moms
16. Sekolah mahal
17. Emak jalanan
18. Tentang Suami
19. Tentang ASI
20. Karyawan Dodol
21. Kisah Ramadhanku
22. Rindu Rasulullah
23. Pindahan
24. Anak nakal atau banyak akal
25. Kenangan masa kecil

Bisa dilihat dari tulisan yang dibold, nah itu yang lolos. Secara persentase, lebih banyak kalah dibanding lolosnya. Sampai-sampai saya punya slogan sendiri “Kalah Lomba nulis hal biasa, tapi tetap semangat menulis itu luaar biasa”. Hal ini saya lakukan sebagai upaya agar tetap semangat walau kadang turun naik juga. Pernah sedih karena kalah, ya pernah lah.. tapi sebentar saja, setelah itu harus bangkit lagi, baca, nulis, edit, baca lagi, nulis lagi, begitu terus siklusnya.

Iklan

Penulis: dewiliez

ibu dua anak yang hobi baca buku dan nulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s