krudekrucil

Catatan kecil tentang buku, anak-anak, dan lingkungan.

First Day School

1 Komentar

Ifa dalam seragam barunya

Setelah survey mencari sekolah yang cocok untuk Iffa juga untuk kantong ortunya, jatuhlah pilihan pada Al Hidayah Islamic School. Sekolah Islami yang masih terhitung dekat dengan perumahan, guru-guru yang baik hati, sekolah yang lumayan bersih, dan terpenting Iffa nyaman di sana karena area bermain dan halaman sekolah cukup luas.

Besok adalah waktu yang ditunggu, first Day School. Sebagai ibu yang baru saja menyekolahkan anaknya, pastinya khawatir. Bagaimana Iffa di sekolah, sudah bisa mandiri atau masih bergelayut pada ibunya. Sebelum jadwal belajar resmi, sekolah AHIS menerapkan Fun Week selama empat hari (12 – 15 Juli 2011), yaitu pemanasan untuk anak TK-A. Tujuannya agar terbiasa saat mulai kegiatan sekolah tanggal 18 nanti.

Ba’da subuh, saya mulai menyiapkan keperluan Iffa sekolah. Mulai seragam, tas sekolah, sampai dengan bekalnya. Belum selesai beres-beres, terdengar suara pintu dibuka. Ah.. ternyata Rifan sudah bangun. Seperti biasa, Rif’an langsung turun dari tempat tidur dalam kondisi mata masih merem melek. Melihat ibunya mempersiapkan keperluan Iffa, Rif’an langsung komentar.

“Ibu, syelagam Ndut mana? Tas Ndut mana?” Sambil mencari ke sana kemari. Mendadak bingung saya, yang mau sekolah sang kakak tapi justru semangat adiknya.

“Adek belum punya seragam, kan yang mau sekolah kakak.” Jawabku

Mendapat jawaban begitu Rifan nangis, bersikeras minta seragam, tas, juga bekal yang sama. Okelah, untuk tas dan bekal beres. Masalah seragam bagaimana mensiasatinya? Harus berfikir cepat. Segera saya ambil satu stel baju Rifan.

“Adek seragamnya pakai ini dulu ya, nanti kalau sudah sekolah beneran baru dapet seragam.” Mencoba menenangkan, sambil menunjukkan baju favoritnya. Alhamdulillah berhasil.

Jam tujuh, Iffa masih susah dibangunkan. Waduh, masuk jam 7.30 bakal terlambat masuk sekolah nih. Akhirnya saya minta bantuan Rifan untuk membangunkan kakaknya.

“Kakak, bangun. Kakak syekolah. Ini ndut aja mau syekolah.” Rifan duduk di samping iffa yang masih tertidur pulas. Sambil menepuk punggung Iffa.

Berhasil, iffa bangun. Merasa tersaingi sama adiknya yang sudah rapi jali. Good job boy…
Iffa sesekali masih menguap lebar, saat berangkat sekolah. Sampai di AHIS benar terlambat. Anak TK-A dan B sudah berbaris rapi. Iffa segera mendapat name tag. Melebur dalam barisan (emaknya ngikut juga upacara pagi) udah lama banget tidak ikut upacara begini. Dari sekian anak TK hanya dua anak yang masih digandeng, lebih tepatnya mencengkeram erat tangan ibunya.

Hari ke sekian sekolah, Alhamdulillah Iffa mulai terlihat mandiri. Sejak hari pertama Rifan selalu ikut masuk juga ke kelas kakaknya. Setiap mengantar tidak mau diajak pulang.

“Ndut mau syekolah sama kakak, ndut ga mau pulang.” Sambil menangis, saya gendong Rifan. Begitu setiap pagi saat mengantar iffa ke sekolah.

Tak tega melihat Rifan selalu nangis saat diajak pulang, alhasil saya masukkan juga ke play grup. Diluar budget nih. Kudu nodong siapa lagi ya…

ndut akhirnya berseragam juga

Berbeda dengan Iffa, Rifan begitu enjoy dengan sekolahnya. Sampai-sampai saya tidak ditengok saat dia istirahat main dengan teman sebaya.

Hari ini, saat saya mengantar iffa terkaget-kaget dengan ucapannya.

“ Ibu, kakak sendiri aja ya sekolahnya. Ga usah ditemenin sama ibu.” Sambil senyum manis duduk di samping kanan saya, tidak dipangku seperti biasanya.
Huhuhu..terharu mendengarnya nak. Cuti panjang sia-sia karena anak-anak tidak butuh lagi di temani saat sekolah.

Iklan

Penulis: dewiliez

ibu dua anak yang hobi baca buku dan nulis.

One thought on “First Day School

  1. Masyallah.anak2 jaman sekarang lebih mandiri di banding emaknya jaman doeloeeeeeeee..,love you more my sweeties…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s